A. Pengertian

Menurut Undang – Undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998, Giro adalah simpaann / dana dari pihak ketiga, dimana penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan media yaitu cek (cheque), bilyet giro dan sarana perintah pembayaran lainnya.

 

B. Kelebihan Giro

Ada banyak kelebihan yang di dapat jika kita memiliki rekening giro, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Jika kita harus membayar dalam jumlah yang besar, amak kita tidak perlu repot – repot membawa banyak uang. Ini bisa mengurangi resiko pencurian dan meningkatkan keamanan nasabah.
  2. Jumlah pembayarannya fleksibel. Jadi, jika kita menggunakan rekening giro, kita tidak perlu pusing – pusing seandainya jumlah pembayaran yang harus kita bayar membutuhkan uang kecil yang sangat rumit dalam  pembawaannya.

 

C. Kekurangan Giro

Disamping kelebihannya yang sangat membantu kita, apalagi untuk orang – orang yang tidak mempunyai waktu untuk mencari uang receh dan membawa uang dalam jumlah yang besar, ternyata Giro pun tidak luput dari kekurangan. Kekurangan Giro adalah pada sisi penjual atau penerima Giro. Penerima Giro tidak bisa langsung mencairkan Giro kapanpun dia suka. Penerima Giro harus mengikuti jam operasional dari Bank untuk mencairkan Giro. Hal ini tentu saja sangat beresiko, apalagi jika pembeli yang menggunakan Giro membeli barang yang langsung di bawa pulang. Jika terjadi penipuan, maka kita harus berurusan dengan pihak lain untuk mengetahui keberadaan pembeli yang melakukan penipuan tersebut.

 

Sumber :

  1. http://alukmalay.blogspot.com/2012/04/pengertian-giro.html
  2. http://artikel.blogdosen.com/pengertian-giro-definisi-giro-arti-giro-maksud-giro.html
  3. http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/B20E3F7B-64FF-457A-A06F-1F1AEF327E61/932/BG1.gif