ANALISIS JURNAL

Teori Ekonomi 1

“Dampak Biaya Sumber Daya Domestik pada Daya Saing Eksport Buah Segar dan Sayuran Di Tunisia”

Image

 

Disusun Oleh :

Agustya Lisdayanti (20211399)

Raycard Destion Daniel (25211919)

Wanda Anindita (27211355)

 

Kelas:

SMAK 05-03

Jurusan Akuntansi

Fakultas Ekonomi

Universitas Gunadarma

2012

1.  Tema, Pengarang, Tahun,

Tema : Pengukuran Daya Saing Melalui Indikator DRC (Domestic Resource Cost)

Pengarang : Boubaker DHEHIBI

Tahun : 2009

 

2.  Judul

Judul : Dampak Biaya Sumber Daya Domestik pada Daya Saing Eksport Buah Segar dan Sayuran Di Tunisia.

 

3.  Latar Belakang Masalah

Banyak perdebatan mengenai indikator pengukuran daya saing internasional dalam literatur ekonomi dan bisnis. Diantara semua perdebatan itu indiator DRC (Bruno, 1965 dan 1972), mengungkapan pengungkapan keunggulan komparatif (Balassa, 1965), pangsa pasar (Krugman dan Hatsopoulos, 1987), tenaga kerja relatif (Turner dan Golub, 1997), adalah indikator utama daya saing internasional dalam konsep mikro. DRC menggunakan rasio dalam analisis ini sebagai yang memungkinkan penarikan kesimpulan tentang daya saing tanpa menggunakan data dari negara lain, sehingga pandangan dari satu pihak saja.

 

4.  Masalah

Menurut Analisis Struktur pada Produksi Sayur – Sayuran dan Buah – buahan, buah zaitun, jeruk, serta tomat menempati posisi teratas dalam sektor pertanian yang paling strategis dan menjanjikan. Hanya, untuk dapat menentukkan apakah produk itu bisa bersaing di pasar Internasional atau tidak, harus ada tolak ukur atau metode pengukuran mengenai seberapa kuat produk tersebut dapat bersaing. Untuk itulah digunakan metode DRC, yaitu  Domestic Resource Cost.

 

5.  Metodologi

a. Data

Jurnal ini menggunakan data sekunder seperti penjualan minyak zaitun, tomat dan jeruk Tunisia dari ITC calculation, biaya sumber daya domestik untuk tomat, jeruk dan minyak zaitun dari Own Elaboration, persaingan komposisi harga minyak zaitun, tomat, dan jeruk Tunisia dari Own Elaboration.

b. Variabel

Variabel paper ini adalah pengukuran daya saing dan biaya sumberdaya domestik dari buah zaitun, jeruk, serta tomat di Tunisia.

 

6.  Hasil

Dengan menerapkan persamaan pertama pada data data di atas, hasil menunjukkan bahwa hanya minyak zaitun Tunisia yang dapat besainglah yang dapat dicatat. Persaingan ini adalah variabel antar tahun yang bergantung pada naik turunnya hasil pertanian. Untuk tomat dan jeruk nilai DRC, lebih mendominasi pada hal yang mengindikasikan level persaingan yang rendah dan alokasi yang salah pada beberapa faktor pertanian yang tidak dapat diperdagangkan. Minyak zaitun kemudian dianggap sebagai produk yang efisien utama dari komoditas – komoditas tersebut. DRC juga menunjukkan bahwa produk yang dipilih mempunyai keuntungan komparatif dalam produksi dan ekspor yang berarti bahwa mereka mengalokasikan sumber daya domestik secara efisien. Namun, bahkan jika nilai DRC kurang dari unit, mereka tetap menyajikan variabilitas yang besar dalam antar tahun.