A. Pengertian E-Commerce

Ada beberapa definisi para ahli mengenai e-commerce, diantaranya adalah :

1. Laudon & Laudon (1998)

Menurut Laudon & Laudon (1998), e-commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk – produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perisahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis.

2. David Baum (1999, pp. 36-34)

Menurut David Baum yang diterjemahkan oleh Onno W. Purbo, e-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

3. Robert  E. Johnson (www.cimcor.com)

Menurut Robert, e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

Secara singkat, e-commerce dapat diartikan yaitu semua bentuk transaksi penjualan serta pembelian melalui media elektronik.

B. Jenis – Jenis E-Commerce

Secara umum, e-commerce pun dapat diklasifikasikan menjadi dua berdasarkan karakteristiknya, yaitu :

1. Business to Business

Merupakan sistem komunikasi bisnis secara online yang dilakukan antar pelaku bisnis.  Tapi, biasanya transaksi hanya dilakukan antar pelaku bisnis yang sudah salin mengenal satu sama lain, dengan format data yang sudah disetujui secara bersama. Business to Business mempunyai beberapa karakteristik, diantaranya :

a. Antar pelaku bisnis sudah saling mengenal cukup lama sebelumnya

b. Tidak perlu menunggu rekan yang lain jika salah satu pihak ingin mengirimkan data

c. Biasanya menggunakan sistem peer to peer, yaitu processing intelligence dapat disalurkan ke antar pelaku bisnis

d. Pertukaran data biasanya dilakukan secara berkala dan berulang – ulang dengan format data yang sebelumnya telah disetujui.

2. Business to Consumer

Merupakan suatu transaksi yang terjadi antara e-merchant dengan e-consumer. Perbedaannya dengan sistem sebelumnya, sistem ini lebih bersifat terbuka untuk umum, sehingga semua orang bisa mengaksesnya melalui suatu web server. Business to Consumer mempunyai beberapa karakteristik, diantaranya :

a. Servis yang akan digunakan bergantung pada permintaan setiap individu

b. Sistem pendekatannya sering menggunakan sistem client-server (Onno W. Purbo & Aang Arif W. ; Mengenal e-commerce hal 4-6)

c. Informasinya dapat tersebar secara umum karena bersifat terbuka untuk umum

d. Dapat digunakkan oleh banyak orang dikarenakan adanya penggunaan servis yang bersifat umum.

C. Komponen Utama E-Commerce

E-commerce terdiri dari beberapa komponen – komponen penting diantaranya adalah :

1. Electronic Data Interchange (EDI)

Diartikan  sebagai pertukaran data yang dilakukan antar komputer kepada antar organisasiatas suatu format yang sudah terstruktur dalam format standard dan mudah dibaca dan diolah oleh komputer itu sendiri. EDI standar mempunyai beberapa komponen utama, diantaranya adalah :

a. Data Element

b. Data Segment

c. Transaction Set

d. Functional Group

2. Digital Currency

Adanya digital currency supaya dapat membantu pengguna yang ingin memindahkan dana yang mereka punya secara elektronik ke dalam lingkungan kerja tertentu yang mereka inginkan. Digital Currency mempunyai karakteristik berikut ini :

a. Susah untuk dipalsukan atau diduplikasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab

b. Dapat menjadi alat pembayaran untuk barang dan jasa

c. Dapat disimpan dan diambil kembali sewaktu – waktu

d. Dapat mewakili nilai moneter tertentu

Jenis digital currency ada dua, yaitu electronic cash dan micropayments

3. Electronic Catalogs

Adalah Graphical User Interface atau Antar Muka Grafis yang berbentuk halaman web dimana isinya mengenai informasi tentang penawaran produk ataupun jasa.

4. Intranets dan Extranets

Intranet adalah kumpulan web site yang hanya bisa diakses oleh suatu golongan tertentu, bukan untuk disebarluaskan dan tidak terbuka secara umum. Sedangkan Ekstranet adalah suatu area tertentu dari intranet yang bisa diakses oleh suatu kelompok diluar anggota kelompok intranet, tapi harus ada seizin dari suatu otoritas yang memperbolehkannya.

D. Kelebihan E-Commerce

E-commerce pun dapat menangani masalah masalah berikut ini :

* Interaksi => Pertukaran data ataupun yang dilakukan antar berbagai pihak akan lebih lancar sehingga dapat meminimalisasi “human error”

* Otomatisasi => Lebih cepat karena dapat menggantikan proses manual yang relatif membutuhkan waktu yang lebih lama

* Publikasi =>Dapat memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk ataupun jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen dan yang akan dipasarkan

* Transaksi => Kesepakatan antara dua pihak yang saling berhubungan untuk melakukan transaksi yang membutuhkan serta melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang mengurusi masalah pembayaran

* Integrasi => Proses yang terintegrasi akan sangat menguntungkan karena dapat mengngkatkan efisiensi serta efektivitas proses.

E. Kekurangan E-Commerce

Ada beberapa ancaman yang mungkin akan terjadi tatkala kita menggunakan e-commerce, yaitu :

* Denial of Service => yaitu menghalang – halangi seseorang dalam mengakses informasi serta fasilitas – fasilitas lainnya

* Planting =>yaitu memasukkan sesuatu ke dalam sistem yang pada saat ini mungkin bersifat legal, tapi tidak menjamin kalau kedepannya akan tetap bersifat legal atau tidak

* Communications Tampering => yaitu semua hal yang dapat mengancam keamanan rahasia informasi seseorang tanpa melakukan penetration, contohnya mengubah transaksi yang sedang dilakukan di tengah jalan atau membuat sistem server yang palsu yang dapat dengan mudah menipu banyak orang sehingga mereka memberikaninformasi rahasia yang mereka punyai tanpa paksaan

Communications Monitoring => yaitu seseorang dapat dengan mudah melakukan monitoring komunikasi yang sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.

Authorization Violation => yaitu penyalahgunaan wewenang legal yang dipunyai seseorang atas halnya dalam mengakses sebuah sistem

System Penetration => yaitu orang – orang yang sebenarnya tidak mempunyai hak sama sekali dalam melakukan akses ke sistem komputer ternyata dapat bahkan diperbolehkan melakukan apapun sesuai dengan keinginannya

Repudiation => yaitu sikap penolakan atas aktivitas transaksi ataupun sebuah komunikasi baik yang dilakukan secara sengaja dengan maksud tertentu atau yang dilakukan dengan tidak sengaja tanpa maksud tertentu.

F. Manfaat Menggunakan E-Commerce

Ada beberapa manfaat jika kita menggunakan e-commerce, yaitu :

1. Dapat meningkatkan supply management

2. Dapat mempersingkat waktu produksi

3. Dapat melebarkan jangkauan

4. Dapat mengingkatkan pangsa pasar

5. Dapat menekan biaya operasional yang seharusnya

G. Keuntungan E-Commerce

Secara singkat, e-commerce memiliki keuntungan yang disiapkan bagi para penggunanya, yaitu :

a. Bagi Konsumen

* Harga yang ditawarkan lebih murah

* Tidak perlu repot – repot pergi ke banyak tempat, cukup satu tempat saja yaitu melalui internet

b. Bagi Pengelola Bisnis

* Meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan

* Bisa meminimalisasi kesalahan

* Tidak membutuhkan waktu lama, bisa on-time

c. Bagi Manajemen

* Pendapatan yang diperoleh meningkat dibandingkan sebelumnya

* Loyalitas pelanggan pun dapat lebih mudah diterima.

H. Istilah – Istilah Dalam E-Commerce

* e-banking => yaitu perbankan secara on-line

* e-purse => yaitu prepayment dimana uang tunainya disimpan didalam suatu alat yang diberi nama microchip electronic

* e-money => yaitu uang yang disimpan di dalam bentuk elektronik

* e-business => yaitu aktivitas bisnis dengan media pendukung yaitu internet

* e-goods => yaitu barang – barang yang dapat dibeli melalui internet dan dapat dikirim ke komputer kita

* e-marketting => yaitu pemasaran secara on-line

* e-currency => yaitu salah satu bentuk e-money yang sewaktu – waktu dapat digunakan untuk membeli sesuatu di internet dari perusahaan tertentu serta digunakan untuk membuat juga menerima pembayaran di internet

* e-cash => yaitu sistem pembayaran barang ataupun jasa yang kita beli tanpa menggunakan kartu kredit, serta merupakan cara bayar sejumlah barang tanpa harus bersusah payah mengeluarkan uang tunai.

 

NP : Saya selesai mengerjakannya pada hari Kamis, 21 Juni 2012, jam 23:40

Sumber :

1. http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html

2. http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html

3. http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/modul_introduction_e-commerce/d.BAB%20I-Pengertian%20E-commerce.pdf

4. http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/ecommerce.jpg&imgrefurl=http://www.unpas.ac.id/pages/tag/ecommerce/&usg=__h4QhMTM1p_RLqh8uUaqnjZ9XjfM=&h=370&w=283&sz=100&hl=id&start=5&zoom=1&tbnid=ki0Sk8TxBoBDzM:&tbnh=122&tbnw=93&ei=kErjT-7REIblrAfWp9ydAw&prev=/search%3Fq%3De-commerce%26um%3D1%26hl%3Did%26sa%3DN%26biw%3D1024%26bih%3D677%26tbm%3Disch&um=1&itbs=1

5. Kumpulan Catatan Kuliah untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Pengantar Komputer dan Teknologi Informatika 2C (Internet) oleh Artiana Krestianti