Hai hai for all. Tugas kedua nih. Saya akan membahas tentang PEMASARAN. Check this out.
I. Pasar dan Pemasaran
Mendengar dua kata tersebut, pasti kalian bertanya – tanya. Apa perbedaannya? Padahal kan kedua kata tersebut saling berkaitan. Bahkan banyak orang yang menilai kalau kedua kata tersebut mempunyai arti yang sama karena kata dasar dari pemasaran pun adalah pasar. Tapi ternyata, kedua kata tersebut memiliki perbedaan arti. Pasar adalah suatu tempat atau lokasi, dimana di dalam tempat tersebut terjadi transaksi jual beli yang dilakukan oleh pedagang dan pembeli. Sedangkan Pemasaran adalah kegiatan memasarkan suatu produk (barang) atau jasa kepada konsumen dengan tujuan agar produk / jasa mereka diketahui dan akhirnya digunakan oleh konsumen itu sendiri. Jadi, letak perbedaannya yaitu kalau pasar itu tempatnya, sedangkan pemasaran itu kegiatannya.

II. Jenis – jenis Pasar
Di atas sudah dijelaskan secara singkat apa itu pasar. Ternyata, pasar pun memiliki jenis – jenisnya. Berikut penjabarannya :
A. Jenis Pasar Menurut Wujudnya
Menurut bentuk wujudnya, pasar dibedakan menjadi dua , yaitu :
a. Pasar Konkret
Adalah pasar dimana pedagang serta pembelinya berhadapan secara langsung serta barang yang ingin dibeli pembeli tersebut ada di tempat tersebut. Contohnya pasar – pasar swalayan, pasar – pasar tradisional.
b. Pasar Abstrak
Adalah pasar dimana pembeli tidak dapat memperoleh barang yang dibelinya secara langsung, Contohnya pasar modal, pasar online, dll.

B. Jenis Pasar Menurut Waktu Terjadinya
Menurut waktu terjadinya, pasar dibedakan menjadi lima , yaitu :
a. Pasar Harian
Adalah pasar yang melakukan kegiatan jual belinya setiap hari. Contohnya warung.
b. Pasar Mingguan
Adalah pasar yang melakukan kegiatan jual belinya hanya seminggu sekali. Contohnya pasar Jum’at, pasar Senin, dll.
c. Pasar Bulanan
Adalah pasar yang melakukan kegiatannya sebulan sekali. Tapi setiap pasar ini ada, waktu kegiatannya bisa sehari atau lebih.Contohnya pasar yang biasanya ada di depan kantor – kantor pensiunan tempat pengambilan uang tunjangan pensiunan tiap awal bulan.
d. Pasar Tahunan
Adalah pasar yang melakukan kegiatan jual belinya setahun sekali. Tapi setiap pasar ini ada, waktu kegiatannya bisa sebulan atau bahkan lebih. Contohnya Pekan Raya Jakarta (PRJ).
e. Pasar Temporer
Adalah pasar yang waktu kemunculannya tidak rutin. Contohnya cuci gudang, bazar, dll.

C. Pasar Menurut Luas Jangkauannya
Menurut luas jangkauannya, pasar dibedakan menjadi tiga, yaitu :
a. Pasar Lokal
Adalah pasar yang penjual dan pembelinya bertemu dari wilayah tertentu.
b. Pasar Nasional
Adalah pasar yang penjual dan pembelinya bertemu dari berbagai wilayah di satu negara saja.
c. Pasar Internasional
Adalah pasar yang penjual dan pembelinya bertemu dari berbagai negara di dunia.

D. Pasar Menurut Cara Transaksinya
Menurut cara transaksinya, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Pasar Tradisional
Adalah pasar dimana dapat terjadi proses tawar menawar antara pedagang dan pembeli serta proses pembeliannya dilayani langsung oleh pedagang barang tersebut.
b. Pasar Modern
Adalah pasar dimana tidak dapat terjadi tawar menawar karena harga barang sudah ditetapkan dan tidak dilayani secara langsung oleh pedagang barang tersebut tetapi pembeli langsung mengambil barang yang ingin dibelinya dan membayarnya pada kasir.

E. Pasar Menurut Hubungannya Dengan Proses Produksi
Menurut hubungannya dengan proses produksi, pasar dibedakan menjadi dua yaitu :
a. Pasar Output
Adalah pasar yang memperjualbelikan barang – barang yang sudah jadi.
b. Pasar Input
Adalah pasar yang mengambil masukan dari interaksi antara penawaran dan permintaan terhadap suatu barang dan jasa pada suatu proses produksi.

F. Pasar Menurut Strukturnya
Menurut strukturnya, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Pasar Persaingan Sempurna
Adalah pasar dimana produk yang dijual oleh pedagang bersifat homogen dan jumlah pedagang dan pembelinya sangat banyak.Penjual dan pedagang tidak begitu mempengaruhi harga karena harga dipengaruhi dari interaksi antara penawaran dan permintaan, serta terbentuk dari mekanisme pasar.
b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi lima, yaitu :
1. Pasar Monopoli
Adalah pasar dimana di dalam pasar tersebut hanya terdapat satu pedagang saja yang menguasai pasar.
2. Pasar Oligopoli
Adalah pasar dimana beberapa perusahaan yang berjumlah lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh, menguasai penawaran satu jenis barang.
3. Pasar Ologopsoni
Adalah pasar dimana banyak perusahaan – perusahaan bertindak sebagai konsumen barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan lainnya.
4. Pasar Monopsoni
Adalah pasar dimana pembelinya mempunyai kekuatan untuk menentukan harga suatu barang.
5. Pasar Persaingan Monopolistik
Adalah pasar dimana banyak produsen yang menghasilkan suatu barang yang sama tapi berbeda dalam berbagai aspek – aspek barang itu sendiri. Seperti sikat gigi yang memiliki perbedaan dalam warna, jenis, dll.

III. Konsep Inti Pemasaran
Konsep inti Pemasaran diantaranya adalah :
a. Kebutuhan
Adalah suatu keadaan, dimana manusia tidak memiliki kepuasan dasar.
b. Keinginan
Adalah suatu hasrat manusia yang berkaitan dengan budaya, dan kepribadian perorangan.
c. Permintaan
Adalah suatu keadaan dimana manusia mempunyai suatu keingian yang disertai dengan kemampuan untuk membeli suatu barang.
d. Produk
Adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh pedagang kepada konsumen, agar dapat memperoleh suatu kepuasan akan kebutuhan dan keinginannya.
e. Nilai, Biaya, dan Kepuasan
Nilai itu sendiri memiliki pengertian yaitu perkiraan seorang konsumen mengenai kemampuan suatu produk untuk memenuhi kepuasannya. Tapi, semua produk mempunyai biayanya tersendiri. Jadi, dibutuhkan suatu perencanaan khusus mengenai nilai dan biaya yang dimiliki suatu produk agar ketika kita membeli dan menikmatinya, kita bisa mendapat suatu kepuasaan.
f. Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan
Untuk mendapatkan suatu produk, ada beberapa cara. Salah satunya dengan pertukaran. Kemudian, terjadilah suatu transaksi karena kita sudah mendapatkan barang yang kita buthkan dan inginkan.
g. Pasar
h. Pemasaran

IV. Manajemen Pemasaran
Adalah suatu kegiatan perusahaan untuk mempertahankan keeksistensiannya, berkembang, serta untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah poin – poinnya :
A. Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
Di dalam Manajemen pasar, ada beberapa keadaan – keadaan permintaan. Diantaranya :
1. Permintaan Negative atau Negative Demand
Adalah suatu keadaan dimana sebagian pasar tidak suka terhadap suatu produk, bahkan cenderung untuk menghindarinya. Yang harus dilakukan perusahaan saat menghadapi keadaan seperti ini, yaitu mencari tahu alasan – alasan mengapa produk tersebut tidak disukai dan apakah program pemasaran dapat mengembalikan kepercayaan pasar dengan merancang kembali produk dan menurunkan harga dengan tujuan menarik minat pasar.
2. Tidak Ada Permintaan atau No Demand
Adalah suatu keadaan dimana adanya ketidaktertarikan konsumen terhadap suatu produk karena menurut mereka, produk tersebut tidak memiliki manfaatnya. Yang harus dilakukan oleh perusahaan saat menghadapi keadaan seperti ini, yaitu mencari suatu keterkaitan antara manfaat suatu produk dengan minat pasar serta kebutuhan konsumen.
3. Permintaan Terpendam atau Latent Demand
Adalah suatu keadaan dimana banyak konsumen yang mempunyai hasrat yang kuat terhadap sesuatu, tetapi barang atau jasa yang ada tidak dapat memenuhi hasrat mereka. Yang harus dilakukan perusahaan saat menghadapi keadaan seperti ini, yaitu mengembangkan barang dan jasa yang bisa memenuhi hasrat konsumen akan barang tersebut.
4. Permintaan yang Menurun atau Falling Demand
Adalah suatu keadaan dimana setiap perusahaan akan mengalami keadaan dimana permintaan suatu barang akan menurun permintaannya. Yang harus dilakukan perusahaan saat menghadapi keadaan seperti ini, yaitu melakukan upaya pemasaran kembali produk tersebut dengan cara promosi yang lebih kreatif lagi untuk meningkatkan permintaan akan barang tersebut.
5. Permintaan yang Tidak Teratur atau Irregular Demand
Adalah suatu keadaan dimana terjadi permintaan yang berubah – ubah setiap musim, jam, atau detik sesuai dengan keadaan lingkungan sehingga penggunaan kapasitas menjadi berkurang. Yang harus perusahaan lakukan saat menghadapi keadaan seperti ini adalah mencari cara untuk mengubah pola waktu permintaan dengan menentukan harga yang lebih fleksibel, promosi yang lebih, dll.
6. Permintaan Penuh atau Full Demand
Adalah suatu keadaan dimana suatu perusahaan atau organisasi berhasil merasakan kepuasan dikarenakan hasil yang mereka capai, terutama saat jumlah permintaan akan produk mereka berhasil mencapai target. Yang harus perusahaan lakukan saat menghadapi keadaan seperti ini, yaitu mempertahankan serta meningkatkan lagi kinerja serta kualitas perusahaan dan produk itu sendiri. Dan jangan cepat berpuas diri.
7. Permintaan yang Berlebihan atau Overfull Demand
Adalah suatu keadaan dimana perusahaan mendapat permintaan yang melebihi kemampuam mereka. Yang harus perusahaan lakukan saat menghadapi keadaan seperti ini, yaitu melakukan kenaikan harga secara sementara, atau secara permanen, mengurangi aktivitas promosi, dll.
8. Permintaan yang Tidak Sehat atau Unwholesome Demand
Adalah suatu keadaan dimana banyak muncul produk – produk yang tidak sehat yang biasanya memunculkan usaha – usaha untuk mengurangi atau mencegah penggunaannya. Yang harus dilakukan perusahaan saat menghadapi keadaan seperti ini, yaitu mengajak konsumen yang suka mengkonsumsi produk – produk yang tidak sehat itu agar mengurangi bahkan meninggalkannya, meningkatkan harga terhadap barang – barang tersebut, dll.

B. Falsafah Manajemen
Dalam melakukan kegiatan pemasaran, ada lima konsep yaitu :
a. Konsep Produksi
Konsumen akan memilih suatu barang yang murah serta mudah didapat. Oleh karena itu, Manager harus memusatkan perhatiannya agar efisiensi dalam produksi pun tercapai serta pendistribusiannya pun luas, tidak hanya suatu daerah tertentu saja.
b. Konsep Penjualan
Konsumen tidak akan membeli suatu barang dalam jumlah yang banyak dikarenakan kurangnya promosi dan usaha penjualan serta cenderung membiarkan saja. Oleh karena itu, Manajer harus meningkatkan promosi serta cara penjualan barang tersebut.
c. Konsep Produk
Konsumen biasanya memilih produk yang berkualitas, bermutu tinggi, serta inovatif. Oleh karena itu, Manajer harus mengupayakan untuk lebih meningkatkan kualitas dari produk yang mereka tawarkan.
d. Konsep Pemasaran
Tujuan organisasi dapat dicapai jika kebutuhan dan keinginan pasar sasarannya terpenuhi serta konsumennya bisa mendapatkan kepuasan dari produk mereka dibanding produk sejenis atau beda jenis dari perusahaan yang lain. Jika konsep ini tidak dilaksanakan, maka yang terjadi adalah :
1. Penjualan akan mengalami penurunan
2. Pertumbuhannya pun lambat
3. Pola pembelian akan mengalami perubahan
4. Saingan pun semakin bertambah
5. Pengeluaran pemasaran pun meningkat dibandingkan dengan sebelumnya.

e. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
Perusahaan memiliki tugas yaitu menentukan apa yang menjadi kebutuhan, keinginan, serta kepentingan pasar yang menjadi sasaran mereka. Serta memenuhi semuanya itu dengan meningkatkan tingkat keefisiensiannya dan keefektifannya dibandingkan dengan perusahaan saingan mereka enggan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta konsumen itu sendiri. Yang menjadi fokus perhatiannya adalah :
1. Kepentingan umum
2. Konsumen dapat memperoleh kepuasan yang maksimum
3. Perusahaan pun dapat memperoleh keuntungan.

V. Bauran Pemasaran
Adalah hal – hal yang dapat dikontrol serta dikendalikan oleh perusahaan itu sendiri. Bauran pemasaran terdiri atas empat hal, yaitu :
a. Harga
Adalah suatu variabel yang menjadi salah satu tolak ukur, diterima atau tidaknya suatu barang oleh para konsumennya.
b. Produk
Adalah semua hal yang dapat ditawarkan oleh produsen untuk konsumen agar dilihat, dan dipertimbangkan serta dibeli atau dikonsumsi untuk mencukupi keinginan serta kebutuhan dari konsumen itu sendiri.
c. Promosi
Adalah suatu kegiatan dalam rangka menyebarluaskan dan menarik hati konsumen sehingga produk yang ditawarkan dapat memancing minat beli dari konsumen itu sendiri.
d. Distribusi
Adalah kegiatan mengantarkan barang kepada penjual atau pedagang sehingga bisa dipasarkan kepada konsumen.

VI. Tujuan Sistem Pemasaran
Sistem pemasaran memiliki beberapa tujuan yang harus dicapai. Tujuan – tujuan tersebut adalah :
a. Agar tingkat konsumsi dari masyarakat dapat tercapai maksimum.
b. Memaksimalkan kualitas hidup dari konsumen
c. Memaksimalkan tingkat pilihan konsumen
d. Memaksimalkan kepuasan yang diperoleh oleh konsumen.

VII. Pendekatkan dalam mempelajari Pemasaran
Ada metode – metode pendekatan dalam kita mempelajari pemasaran, yaitu :
a. Pendekatan Serba Sistem
Pendekatan ini mencakup elemen – elemen yang luas di dalam sistem pemasaran yang diantaranya adalah produk, lembaga, manajemen, dll.
b. Pendekatan Serba Barang
Pendekatan ini mempelajari mengenai cara pemindahan barang dari produsen ke konsumen, baik konsumen industri maupun konsumen akhir.
c. Pendekatan Serba Fungsi
Pendekatan ini dilihat dari kegiatan pemasaran yang pokok seperti pembelian, pendistribusian, penyimpanan, penjualan, dll.
d. Pendekatan Serba Manajemen
Pendekatan ini dilihat dari apa yang merupakan pendapat seorang manajer serta apa keputusan yang dipilih.

Sumber :
1. http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
2. http://richardsirait.blogspot.com/2011/04/tugas-4-pengertian-pasar.html
3. http://ips-mrwindu.blogspot.com/2009/04/jenis-jenis-pasar.html
4. https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:O5DZT_Fq_KwJ:images.visitnabire.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SmnbpwoKCDYAADJJfwI1/BAB01.pdf%3Fkey%3Dvisitnabire:journal:20%26nmid%3D268443971+konsep+inti+pemasaran&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESh5UjClZKqiqwhWwtqpxm6FSUkSEmIZN3Jrljgfh0J0ixCF3a86uF-djaAr6zWNJUsQgOduXtdaVVMjmiFOXEpaFBO1tlGAFGxr7JCmWpGe_YvTc4j0Z_Nau8fpIpzQuFjANOjR&sig=AHIEtbRgkmFn4HIH7MK0PZfYZs4RXXhfUw
5. http://id.ariperwira.com/2010/04/hello-world.html
6. http://whateverforall.blogspot.com/2011/05/sb-8-pemasaran.html
7. http://ivanlipio.blogspot.com/2010/11/tugas-pengantar-bisnis-bab-6.html
8. http://amandafajriyah.blogspot.com/2011/01/pemasaranpengantar-bisnis.html
9. http://books.google.co.id/books?id=EVfWJ7nbd-kC&pg=PA124&lpg=PA124&dq=keadaan+permintaan+dan+tugas+pasar&source=bl&ots=o8uygswPl2&sig=IAndzrVRIK3US8WggRET19lsuno&hl=id&ei=g5vgTLPJGozfcc6qzJgM&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CBQQ6AEwAA#v=onepage&q=keadaan%20permintaan%20dan%20tugas%20pasar&f=false
10. https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:x6tzqfsrZs0J:ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran+Pendekatan+dalam+mempelajari+sistem+pemasaran&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESj7k6fZb-Skikt2QH9Q-w-X6eFUk7RlsvX_zGDLcKPgeuSCwQnfsRothuVMswbWmRBgGUZ41SqZ9vM0jD4ovjwWZRz-rdjL0qSEKWivlVY2b567mgOkfbGl-N6Pzn7kSwuJ4QVQ&sig=AHIEtbQj1z-tV9qrKPOZnahJoH9GL2bZxA