Hai semua. Ini tulisan pertama saya. Kali ini saya akan membahas tentang Badan Usaha. Badan Usaha itu memiliki pengertian yaitu kesatuan antara hukum, teknis serta ekonomis yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara mengelola perusahaan. Tentu kita bingung. Sebenarnya, apa sih yang membedakan Badan Usaha dan Perusahaan? Sederhananya, Badan Usaha adalah lembaganya atau bisa dibilang subject, sementara perusahaan itu objectnya.
Pada dasarnya, pasti Badan Usaha di pengaruhi oleh berbagai macam faktor. Salah satunya faktor lingkungan. Ada 2 faktor lingkungan yang mempengaruhi Badan Usaha.
1. Lingkungan Internal
Biasanya langsung terkait dengan kegiatan produksi seperti tenaga kerja, alat produksi, dll
2. Lingkungan External
Biasanya tidak secara langsung mempengaruhi kegiatan produksi suatu badan usaha. Biasanya, Lingkungan Ini dibedakan menjadi 2 yaitu lingkungan external Makro dan external Mikro.
Badan Usaha pun mempunyai berbagai macam variatif yang sudah berkembang di dalam masyarakat. Badan Usaha pun terbagi – bagi menurut kepemilikan modal, lapangan usaha, jumlah pekerja, serta bentuk hukum.
A. Badan Usaha Menurut Kepemilikan Modal
1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan bahwa badan usaha ini dimiliki oleh negara serta dimodali oleh negara untuk mengadakan suatu perusahaan. Contohnya antara lain PT. PLN, PT. Kereta Api Indonesia, PT Pertamina, dll
Adapun BUMN ini memiliki tujuan yang diantaranya :
a. Bisa memberikan partisipasi / sumbangan pada perekonomian nasional serta pada penerimaan kas negara.
b. Mendapatkan keuntungan.
c. Memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.
d. Sebagai Perintis Kegiatan Usaha.
e. Memberikan bantuan dan perlindungan kepada perusahaan – perusahaan khususnya perusahaan kecil.
2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
Adalah badan usaha yang memperoleh modal dari swasta yang mempunyai tujuan utama yaitu mencari dan mendapatkan laba. Badan Usaha ini pun memiliki dasar hukum yaitu pada UUD 1945 pada pasal 33. Contoh BUMS adalah PT. Unilever, PT. Indo Food Sukses Makmur, dll
3. Badan Usaha Campuran
Merupakan badan usaha yang memperoleh modal sebagian dari swasta dan sebagian lagi dari pemerintah. Contohnya PT. Telkom

4. Badan Usaha Milik Daerah

Merupakan badan usaha yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat daerah setempat dengan modal yang sebagian atau bahkan seluruhnya diberikan oleh pemerintah daerah setempat. Contonya PT. Bank DKI, PT. Bank Jateng, dll.

B. Badan Usaha Menurut Lapangan Usahanya
1. Badan Usaha Industri
Adalah Badan Usaha yang mengelola perusahaan yang bertugas mengolah bahan mentah yang kemudian menjadi bahan yang setengah jadi ataupun barang yang jadi. Contohnya seperti Home Industry Thinner, perusahaan pembuat tape, dll.
2. Badan Usaha Perniagaan
Adalah Badan Usaha yang mengelola perusahaan yang bertugas membeli barang yang sudah jadi dan kemudian dijual kembali tanpa mengubah apapun dengan tujuan untuk memperoleh laba. Contohnya seperti toserba, supermarket, dll.
3. Badan Usaha Agraris
Adalah Badan Usaha yang mengelola perusahaan yang menjadikan tanah sebagai faktor produksi yang paling utama. Contohnya perkebunan, dll.
4. Badan Usaha Ekstraktif
Adalah Badan Usaha yang mengelola perusahaan yang mengambil hasil alam. Contohnya Pertambangan Batu Bara, Pengrajin Garang, dll
5. Badan Usaha Jasa
Adalah Badan Usaha yang mengelola perusahaan dalam penawaran jasa dengan memperoleh bayaran atas jasa yang dikeluarkan. Contohnya Jasa Transportasi, jasa Perbankan, dll.
C. Badan Usaha Menurut Legalitas Hukum
1. Badan Usaha Perseorangan (Persero)
Adalah Badan Usaha yang segala sesuatunya dikerjakan dan dipertanggungjawabkan oleh perseorangan. Adapun Persero memiliki kelebihan sebagai berikut :
a. Cara pendiriannya termasuk mudah
b. Semua keuntungan yang diperoleh menjadi milik sendiri.
c. Pemilik perusahaan tersebut lebih leluasa dan bebas dalam menjalalankan perusahaan tersebut.
Tapi, Persero juga memiliki kelemahan, antara lain :
a. Karena dimiliki oleh perseorangan, maka modalnya pun kecil sehingga perusahaannya sulit untuk berkembang
b. Jika mengalami kerugian, maka semua kerugian itu menjadi tanggung jawab penuh pemilik.
c. Masa depan perusahaan ada ditangan pemilik. Jadi pemilik harus sangat berhati – hati dalam mengambil keputusan.
2. Koperasi
Adalah Badan Usaha sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang memakai azas kekeluargaan yang mempunyai dasar dalam berkegiatan, yaitu berdasarkan prinsip – prinsip koperasi yang tercantum dalam UU No.25 Tahun 1992 pasal 1. Koperasi pun memiliki tujuan – tujuan yaitu :
a. Memajukan kesejahteraan anggotanya
b. Mensejahterakan masyarakat pada umumnya
c. Ikut membangun tatanan perekonomian nasional yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur dengan mengacu pada pancasila dan UUD 1945.
3. Firma
Adalah badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih yang semua anggotanya mempunyai tanggung jawab terhadap perusahaan tersebut. Contohnya Firma Hedge Fun Komoditas. Firma pun mempunyai kelebihan sebagai berikut :
a. Karena gabungan dari dua orang atau lebih, maka modal yang didapatkan pun lebih besar.
b. Kelangsungan hidupnya lebih terjamin
c. Keahlian sekutu pun bisa dimanfaatkan
Firma juga mempunyai kekurangan, antara lain :
a. Mudah terjadi pertengkaran atau perdebatan karena beda pendapat
b. Apabila firmant melakukan kesalahan, maka semua juga ikut terkena dampaknya.
c. Tanggung jawab pemilik pun tidak terbatas pada hutang perusahaan.
4. Persekutuan Komanditer (CV)
Adalah badan usaha yang mempunyai sekutu yang hanya memberi modal tanpa sedikitpun mengusik kerja badan usaha itu.contohnya adalah CV. Anugrah. Adapun kelebihannya adalah :
a. Cara pendiriannya tergolong mudah
b. Modalnya pun besar karena merupakan gabungan dari sekutu – sekutu
c. Sistem pengelolaannya dan pengaturannya bisa dikatakan lebih baik
d. Kredit dari bank pun bisa dengan mudah diperoleh.
Kelemahannya pun sebagai berikut :
a. Tanggung jawab yang tidak terbatas pun ditanggung oleh sekutu
b. Kelangsungan usahapun dapat terganggu tanpa tahu kapan
c. Modal yang sudah diberi atau diikut sertakan susah untuk diambil kembali
5. Perseroan Terbatas
Adalah Badan usaha yang didirikan dua orang atau lebih tetapi cara memperoleh modal yaitu dengan menjual saham. Contohnya PT. Pertamina. Adapun kelebihannya adalah :
a. Mudah menambah modal karena untuk mendapatkan modal dapat menjual saham.
b. Bisa mengandalkan profesionalitas si pengelola
c. Pemilik saham bisa menjual atau memindahtangankan kepada orang lain sewaktu waktu
d. Tanggung jawab pemilik hanya terhadap saham miliknya saja.
e. Kredit dari bank pun mudah diperoleh
Kelemahannya sebagai berikut :
a. Proses pendiriannya membutuhkan perijinan yang lama dan rumit serta berbelit -belit
b. Permodalan perusahaan menjadi labil
c. Kurang terjaminnya rahasia badan usaha
6. Waralaba
Adalah Badan Usaha yang salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan serta menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) dari ciri khas usaha yang dipunyai oleh pihak yang lain untuk mendapatkan imbalan sesuai dengan persyaratan yang diajukan pihak tersebut dan telah disepakati dalam penyediaan serta penjualan barang dan jasa. Contohnya Mc. Donald .
7. Struktur Organisasi Bisnis
Adalah suatu struktur dan hubungan tiap bagian juga posisi yang ada dalam suatu organisasi dalam mjenjalankan kegiatan operasional tersebut untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Contohnya yaitu PT. TIFICO Tbk.
D. Badan Usaha Menurut Jumlah Pekerjanya
1. Badan Usaha Milik Desa
Adalah Badan Usaha yang dikelola oleh pemerintah desa dan mempunyai hukumnya. Pembangunan Badan Usaha Milik Desa ini ditetapkan dengan peraturan desa, serta pengurusnya merupakan anggota dari masyarakat desa tersebut.

Sumber :

http://elqorni.wordpress.com/2010/02/02/usaha-perusahaan-dan-badan-usaha/

http://id.wikipedia.org/wiki/Badan_usaha

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:-zLvmMuMXCoJ:pksm.mercubuana.ac.id/new/elearning/files_modul/93018-2-654567077217.doc+lingkungan+yang+mempengaruhi+badan+usaha&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEEShZbk17IWAh1QIliuaHcdxeqQXpwXg4DfSEosOFGynTXfM3zcHKciKHIMWWTvfQyYTLwNsJWAxLCL584OfRODtaEPV0dLbOnFeaSJcnMa20mkJ9RcuMLzX5859LrBSxESXJ2MS-&sig=AHIEtbTVm4h2obfLLPkp3-DvRAf4gNsupw