PAPER

Teori Ekonomi 1

Pergeseran Titik Keseimbangan yang disebabkan Berkurangnya Jumlah Permintaan

Disusun oleh :

Asteria Elanda Kusumaningrum (21211267)

Dennis Mahardika (21211849)

Raycard Destion Daniel (25211919)

Kelas:

SMAK 05-03

Jurusan Akuntansi

Fakultas Ekonomi

Universitas Gunadarma

2012

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

           Harga keseimbangan atau harga pasar (Equilibrium Price) adalah tinggi rendahnya tingkat harga yang terjadi atas kesepakatan antara produsen(Supply) dengan konsumen (Demand)

          Pada harga keseimbangan produsen  bersedia melepas barang/jasa, sedangkan konsumen bersedia membayar harganya. Dalam kurva harga keseimbangan terjadi titik temu antara kurva permintaan dan kurva penawaran, yang disebut Equilibrium Price.

          Terbentuknya harga pasar dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Masing-masing faktor dapat menyebabkan bergesernya jumlah permintaan dan jumlah penawaran. Bergesernya permintaan dan penawaran akan mengakibatkan tingkat harga keseimbangan bergeser juga. Berkurangnya permintaan merupakan salah satu penyebab pergeseran tingkat harga keseimbangan yang akan kami bahas dalam paper ini.

1.2   Rumusan Masalah

          Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas maka dapat dirumuskan  masalah-masalah sebagai berikut:

  1. Apa yang dimaksud dengan harga keseimbangan?
  2. Apa yang menyebabkan titik keseimbangan harga bergeser?
  3. Mengapa berkurangnya permintaan dapat menyebabkan titik keseimbangan harga bergeser? Dan bagaimana contoh kasusnya ?

1.3        Tujuan

          Berdasarkan perumusan masalah yang dikemukakan di atas, maka tujuan penulisan paper ini adalah menganalisis pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan oleh berkurangnya permintaan serta dapat mengetahui contoh kasus dari permasalahan tersebut. 

1.4        Manfaat

          Berdasarkan tujuan makalah yang dikemukakan di atas, maka manfaat penulisan ini adalah menambah pengetahuan tentang Pergeseran Kurva penawaran dan dapat melatih Mahasiswa dalam membuat sebuah penulisan atau paper, serta membantu mahasiswa dalam menentukan solusi yang tepat dalam menghadapi masalah tersebut.

1.5        Metodologi

            Dalam proses penulisan paper ini, kami menggunakan metode pencarian informasi dan referensi melalui jurnal dengan data – data pendukung yang kami peroleh dari internet.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Keseimbangan harga

           Keseimbangan harga merupakan titik temu antara permintaan dan penawaran yang merupakan proses alami mekanisme pasar.

          Permintaan/pembeli berusaha untuk mendapatkan barang/jasa yang baik dengan harga yang murah, sedangkan penawaran/penjual berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Akibat dari tarik-menarik/tawar-menawar antara permintaan dan penawaran, maka akan tercapai titik temu yang disebut keseimbangan harga.

2.2 Pengertian Harga Keseimbangan

          Harga keseimbangan atau harga pasar (Equilibrium Price) adalah tinggi rendahnya tingkat harga yang terjadi atas kesepakatan antara produsen/penawaran dengan konsumen atau permintaan

          Pada harga keseimbangan produsen/penawaran bersedia melepas barang/jasa, sedangkan permintaan/konsumen bersedia membayar harganya. Dalam kurva harga keseimbangan terjadi titik temu antara kurva permintaan dan kurva penawaran, yang disebut Equilibrium Price.

 

2.3 Proses terbentuknya Harga Pasar

          Terbentuknya harga pasar dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Masing-masing faktor dapat menyebabkan bergesernya jumlah permintaan dan jumlah penawaran. Dengan bergesernya permintaan  danpenawaran akan mengakibatkan bergesernya tingkat harga keseimbangan. Perhatikan tabel berikut dan amati perubahannya.

           Pada harga $10 terjadi Equilibrium Price dengan jumlah yang ditawarkan (S) sama dengan jumlah yang diminta (D), yaitu sebesar 100 unit.

2.1  Pergeseran Titik Keseimbangan

Titik keseimbangan (Equilibrium Price) akan mengalami pergeseran akibat dari naik turunnya akibat perubahan penawaran/permintaan,

1. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan bertambahnya jumlah permintaan.

2. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan berkurangnya jumlah permintaan.

3. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan bertambahnya jumlah penawaran.

4.Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan berkurangnya jumlah penawaran.

2.2 Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan berkurangnya jumlah
permintaan.

          Pada paper ini kami akan membahas salah satu saja dari ke empat penyebab bergesernya titik keseimbangan harga yaitu berkurangnya permintaan. Jika jumlah permintan berkurang sedangkan jumlah penawaran tetap, maka harga dan kuantitas akan mengalami penurunan.

           Berdasarkan kurva diatas, misalnya harga Rp.25,00 dan jumlah permintaan 45 unit(garis D). Apabila jumlah permintaan turun menjadi 30 unit, maka harga akan turun menjadi Rp.15,00(garisD1). Sedangkan kurva penawarannya tetap. Maka akan terjadi pergeseran titik keseimbangan dari E ke E1.

Contoh kasus lainnya :

Ketika harga mobil awalnya senilai $10, dan permintaanya sebanyak 5 unit. Karena harga bensin atau BBM yang merupakan barang komplementer dari mobil naik,maka permintaan akan mobil cenderung berkurang . permintaan  akan mobil berkurang menjadi 3 unit sedangkan penawaran akan mobil tetap maka yang terjadi adalah penurunan harga menjadi $5.

 

BAB III

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, kami dapat menarik kesimpulan bahwa faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran titik keseimbangan adalah perubahan jumlah permintaan dan penawaran. Salah satu penyebab pergeseran titik keseimbangan adalah Berkurangnya permintaan. Berkurangnya permitaan tersebut dikarenakan faktor-faktor ceteris paribus. Ketika suatu kuantitas menurun maka harga barang tersebut akan turun.

BAB IV

REFRENSI

  1. http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Modul%20Online/SMP/view&id=50&uniq=1921
  2. http://makalahbuatmudah.wordpress.com/2012/01/21/makalah-ekonomi-permintaan-penawaran-dan-titik-keseimbangan/
About these ads